User
Interface Pada Game
Antarmuka
pengguna (bahasa Inggris:
user interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung
dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara
pengguna dengan sistem operasi,
sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
Antarmuka
pengguna, dalam bidang desain industri
interaksi manusia-mesin, adalah sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi.
Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna adalah
pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin yang
membantu operator dalam membuat keputusan operasional. Contoh-contoh dari
konsep luas antarmuka pengguna ini termasuk aspek-aspek interaktif dari sistem operasi komputer, alat-alat, kontrol
operator mesin berat, dan kontrol proses. Pertimbangan desain berlaku ketika membuat antarmuka
pengguna yang berkaitan atau melibatkan disiplin-disiplin ilmu seperti ergonomi dan psikologi
Sebuah
antarmuka pengguna adalah sistem di mana pengguna berinteraksi dengan mesin.
Antarmuka pengguna mencakup perangkat keras dan perangkat lunak. Antarmuka pengguna hadir
untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara untuk:
-
Input, memungkinkan pengguna untuk
memanipulasi sebuah system
-
Output, memungkinkan sistem untuk
menunjukan efek dari manipulasi pengguna
Secara
umum, tujuan dari teknik interaksi manusia-mesin adalah untuk menghasilkan
sebuah antarmuka pengguna yang membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan
untuk mengoperasikan sebuah mesin dengan cara yang menghasilkan hasil yang
diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa operator harus menyediakan input minimal
untuk mencapai output yang diharapkan, dan juga bahwa mesin harus meminimalkan
output yang tidak diinginkan.
Flowchart
Game Pacman
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar